Jadi inget percakapan di fb, membahas soal sunnah Nabi, dikiranya kata sunnah itu g ada hubungannya dengan aqidah. ==== Padahal kata sunnah itu maknanya luas. Sebagai contoh, Para Ulama Aqidah mendefinisikan Sunnah sebagai lawan kata dari bid’ah. Berbeda dengan para Ushuliyyun (para ahli Ilmu Ushul fiqh) mereka mendefinisikan Sunnah sebagai asas dalil kedua setelah Al Quran, Sunnah juga sebagai penjelas dari makna yang sifatnya masih global di dalam Al Quran. Sedangkan para Fuqoha (Ahli dibidang Fiqh) mereka mendefinisikan Sunnah sebagai sesuatu yang jika dikerjakan mendapat pahala dan jika ditinggalkan pun tidak mengapa,Sunnah juga sebagai perintah atau hukum yang datang tidak sampai batas wajib. Para Muhadditsin (Ahli Hadits) pun berbeda dalam mendefinisikan Sunnah itu sendiri, menurut mereka Sunnah itu adalah segala sesuatu yang bersumber dari Rasulullah shallahualaihi wasallam baik berupa perkataan, perbuatan maupun ketentuan, dan juga termasuk dalam sifat Rasulullah shallallahu alaihi wasallam itu sendiri. #kopas

Jadi inget percakapan di fb, membahas soal sunnah Nabi, dikiranya kata sunnah itu g ada hubungannya dengan aqidah.

====
Padahal kata sunnah itu maknanya luas.
Sebagai contoh,
Para Ulama Aqidah mendefinisikan Sunnah sebagai lawan kata dari bid’ah.

Berbeda dengan para Ushuliyyun (para ahli Ilmu Ushul fiqh) mereka mendefinisikan Sunnah sebagai asas dalil kedua setelah Al Quran, Sunnah juga sebagai penjelas dari makna yang sifatnya masih global di dalam Al Quran.

Sedangkan para Fuqoha (Ahli dibidang Fiqh) mereka mendefinisikan Sunnah sebagai sesuatu yang jika dikerjakan mendapat pahala dan jika ditinggalkan pun tidak mengapa,Sunnah juga sebagai perintah atau hukum yang datang tidak sampai batas wajib.

Para Muhadditsin (Ahli Hadits) pun berbeda dalam mendefinisikan Sunnah itu sendiri, menurut mereka Sunnah itu adalah segala sesuatu yang bersumber dari Rasulullah shallahualaihi wasallam baik berupa perkataan, perbuatan maupun ketentuan, dan juga termasuk dalam sifat Rasulullah shallallahu alaihi wasallam itu sendiri.

#kopas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s