Koq Bisa Al-Qur’an menjadi Mu’jizat?

#RamadhanIsComing

Koq Bisa Al-Qur’an menjadi Mu’jizat?

Sebenarnya hal ini bisa dilihat dari banyak sisi, diantaranya adalah dari segi kedalaman makna dan keindahan bahasa.

Coba kita perhatikan kisah (menarik, lucu, dan menggelitik) dari Imam Ibnu Katsir berikut:

”Mereka menyebutkan bahwasannya ’Amr bin Al-’Aash radliyallaahu ’anhu pernah diutus menemui Musailamah Al-Kadzdzab. Hal itu berlangsung setelah pengutusan (bi’tsah) Rasulullah shallallaahu ’alaihi wa sallam dan sebelum dia (’Amru bin al-’Aash) masuk Islam.

Musailamah Al-Kadzdzab bertanya kepada ’Amru bin Al-’Aash : ’Apa yang telah diturunkan kepada shahabatmu (yaitu Rasulullah shallallaahu ’alaihi wa sallam) selama ini ?’. Dia menjawab : ’Telah diturunkan kepadanya satu surat ringkas namun sangat padat’.

Dia bertanya : ’Surat apa itu ?’.

Dia (’Amr) menjawab :

Wal ’ashr,

Innal insaana lafii khusr,

Illalladzii na aamanu wa’amilush shalihati wataawashaubil haqqi watawaashoubish shabr,

”Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan beramal shalih dan nasihat-menasihati supaya mentaati kebenaran dan nasihat-menasihati supaya menetapi kesabaran” (QS. Al-’Ashr : 1-3).

Kemudian Musailamah berpikir sejenak. Setelah itu ia berkata : ’Dan telah
diturunkan pula hal yang serupa kepadaku’.
Kemudian ’Amr bertanya kepadanya: ’Apa itu ?’. Musailamah berkata :

Yaa wabr, Yaa wabr,

Innama anta udzunaini wa shadr

Wa sairuka hafrun naqar

’Hai kelinci, hai kelinci; Sesungguhnya kamu memiliki dua telinga dan satu
dada; Dan semua jenismu suka membuat galian dan lubang’.

Kemudian Musailamah bertanya : ’Bagaimana menurut pendapatmu wahai ’Amru?’. ’Amru berkata kepadanya : ’Demi Allah, sesungguhnya aku tahu bahwa engkau telah berdusta’ [Tafsiir Ibni Katsiir, 8/479].

Lihatlah, meskipun seolah terdengar sama-sama ber-rima (akhiran ’r’), tapi ternyata dari maknanya membuat semua orang tahu bahwa Musailamah adalah pendusta (Al-Kadzdzab).

Itulah di antara yang membuktikan bahwa Al-Qur’an itu adalah mukjizat, yaitu dari segi keindahan bahasa, dan kedalaman makna.

Bahkan Allah menantang seluruh jin dan manusia untuk membuat kitab yang serupa dengan Al-Qur’an, tapi tidak akan ada yang mampu.

Katakanlah: “Sesungguhnya jika manusia dan jin berkumpul untuk membuat yang serupa Al Quran ini, niscaya mereka tidak akan dapat membuat yang serupa dengan dia, sekalipun sebagian mereka menjadi pembantu bagi sebagian yang lain”. (Al-Isra’: 88).

Kemudian Allah turunkan lagi, tidak perlu satu kitab, cukup
10 surat saja, tidak ada yang mampu membuatnya:

“Bahkan mereka mengatakan: “Muhammad telah membuat-buat Al Quran itu”, Katakanlah: “(Kalau demikian), maka datangkanlah sepuluh surat-surat yang dibuat-buat yang menyamainya, dan panggillah orang-orang yang kamu sanggup (memanggilnya) selain Allah, jika kamu memang orang-orang yang benar”. (Huud: 13)

Kemudian Allah turunkan lagi menjadi cukup satu surat saja, akan tetapi, tetap tidak ada yang mampu membuat semisal Al-Qur’an.

“Dan jika kamu (tetap) dalam keraguan tentang Al Quran yang Kami wahyukan kepada hamba Kami (Muhammad), buatlah satu surat (saja) yang semisal Al Quran itu dan ajaklah penolong-penolongmu selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar. Maka jika kamu tidak dapat membuat(nya) — dan pasti kamu tidak akan dapat membuat(nya), peliharalah dirimu dari neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu, yang disediakan bagi orang-orang kafir.” (Al-Baqarah: 23-24)

Inilah dia, Kalamullah (firman Allah), yang akan terus terjaga hingga akhir zaman. Yang tidak kitab apapun yang mampu menandinginya.
Adapun orang-orang yang memperolok-olok Al-Qur’an tidak lain hanyalah karena kebodohan dan kesombongan mereka atas Al-Qur’an.

Wallahua’lam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s