Istighfar Pembawa Keberkahan

Satu saat ada seorang menemui Hasan Al-Bashri rahimahullah, ia nampak bersedih dan mengadukan masalah yang tengah dialaminya. Hasan Al-Bashri berkata kepadanya, “Banyaklah anda ber-istighfar kepada Allah.” Dalam kesempatan lain banyak orang datang dengan berbagai problematika, ada yang datang mengadukan kemiskinannya, kematian anaknya dan hasil panennya yang sedikit, Hasan Al-Bashri juga menyarankan mereka banyak beristighfar kepada Allah. Beberapa orang menanyakan hal ini kepada Hasan Al-Bashri seraya berkata: “Banyak orang mengadukan berbagai persoalan hidupnya kepadamu namun engkau hanya menyuruh mereka semua beristighfar.”

Hasan Al-Bashri berkata, “Bukankah Allah Ta’ala berfirman, ‘Mohon ampunlah kepada Rabbmu karena sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, membanyakkan anak dan anak-anakmu serta mengadakan bagimu kebun-kebun dan sungai-sungai.’” (QS. 71:10-12) – (Ibn Hajar, Fathul Baari)

Orang-orang shalih juga banyak menyarankan istighfar sebagai obat bagi gelapnya hati. Karena obat untuk hati yang sakit adalah dengan tunduk dan pasrah dalam beribadah kepadaNya serta memohon ampunan kepadaNya di waktu malam dan siang.

Allah juga melindungi hamba-hamba-Nya yang beriman dari musuh-musuh mereka dengan istighfar.

Iblis pernah berkata, “Wahai Rabb Yang Maha Agung lagi Maha Besar, aku tidak akan pernah berhenti mengganggu hamba-hamba-Mu selama ruh mereka berada di dalam jasad mereka.”

Allah menjawab, “Demi Keagungan dan Kebesaran-Ku, Aku tidak akan pernah berhenti mengampuni mereka selama mereka memohon ampun kepada-Ku.” – (HR Ahmad dan Hakim)

Dengan istighfar setan takluk, dia berkata: “Aku membinasakan manusia dengan dosa-dosa mereka dan manusia mengalahkan dan menghancurkanku dengan istighfar dan kalimat tauhid.”

Jika kita memohon ampunan Allah maka banyaklah beristighfar kepada-Nya. Diantaranya dengan mengucapkan istighfar yang paling utama (sayyidul istighfar) sebagaimana diajarkan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dalam hadis riwayat imam Bukhari:

اللهم أنت ربى لا إله إلا أنت خلقتني وأنا عبدك وأنا على عهدك ووعدك ما استطعت أعوذ بك من شر ما صنعت أبوء لك بنعمتك علي وأبوء بذنبى فاغفرلي فإنه لا يغفر الذنوب إلا أنت

Ya Allah tiada Ilah selainMu, Engkau telah mencipta diriku dan aku adalah hambaMu,
Sungguh aku berada dalam perjanjian denganMu sesuai dengan kemampuanku,
Aku berlindung kepadaMu dari keburukan perbuatanku,
Aku mengakui betapa banyak nikmat yang Engkau anugerahkan atasku dan aku mengakui dosa-dosaku,
maka ampunilah dosa-dosaku, karena sesungguhnya tiada yang dapat mengampuni dosa-dosaku selain-Mu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s