SUDAH BENARKAH DOA SEBELUM MAKAN KITA?

SUDAH BENARKAH DOA SEBELUM MAKAN KITA?

Dari ‘Umar bin Abi Salamah, ia berkata, “Waktu aku masih kecil dan berada di bawah asuhan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, tanganku bersileweran di nampan saat makan. Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Wahai Ghulam, bacalah “bismilillah”, makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah makanan yang ada di hadapanmu.” Maka seperti itulah gaya makanku setelah itu. (HR. Bukhari no. 5376 dan Muslim no. 2022)

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Apabila salah seorang di antara kalian makan, maka hendaknya ia menyebut nama Allah Ta’ala. Jika ia lupa untuk menyebut nama Allah Ta’ala di awal, hendaklah ia mengucapkan: “Bismillaahi awwalahu wa aakhirohu (dengan nama Allah pada awal dan akhirnya)”.” (HR. Abu Daud no. 3767 dan At Tirmidzi no. 1858. At Tirmidzi mengatakan hadits tersebut hasan shahih. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits tersebut shahih)

Lantas, bagaimana dengan do’a “Allahumma baarik lanaa …”?

Sebagaimana disebutkan oleh An Nawawi dalam kitabnya Al Adzkar,
Telah diriwayatkan dalam kitab Ibnus Sunni dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash radhiyallahu ‘anhuma, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa ketika makanan didekatkan kepadanya, beliau biasa mengucapkan “Allahumma baarik lanaa fii maa rozaqtanaa wa qinaa ‘adzaaban naar, bismillah”.

Berikut penjelasan mengenai derajat hadits di atas:
Ibnu Hajar Al Asqolani mengatakan bahwa di dalam riwayat tersebut terdapat Muhammad bin Abi Az Zu’ayzi’ah, dan Bukhari mengatakan bahwa ia adalah munkarul hadits.(Lisanul Mizan, 7/136, dorar.net)

Kesimpulan: Doa yang tepat sebelum makan adalah cukup dengan mengucapkan “bismillah”, sedangkan jika lupa mengucapkannya di awal, maka ucapkanlah “Bismillaahi awwalahu wa aakhirohu”. Sedangkan doa “Allahumma baarik lanaa.. dst” bukan doa yang berasal dari Rosulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, sehingga sebaiknya kita mencukupkan doa yang terbaik, yaitu yang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam contohkan🙂

diringkas dari situs: rumaysho.com/amalan/sebelum-makan-bacalah-bismillah-1114

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s