Segala sesuatu yang dimainkan seseorang adalah sia-sia, kecuali..

Dari ‘Atha’ bin Abi Rabah, ia menuturkan: “Aku melihat Jabir bin ‘Abdillah dan Jabir bin ‘Umair -keduanya dari Anshar- sedang berlatih memanah. Ketika salah satu dari keduanya kelelahan, maka dia duduk, dan yang lainnya mengatakan, ‘Apakah engkau malas? Aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ‘Segala sesuatu selain berdzikir kepada Allah adalah senda gurau dan sia-sia (atau kelalaian) kecuali empat perkara: seseorang berjalan di antara dua tujuan, melatih kudanya, bermain-main dengan isterinya, dan belajar berenang.’”
As-Silsilah ash-Shahiihah (no. 315)

dari ‘Uqbah bin ‘Amir Radhiyallahu anhu, ia menuturkan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Memanah dan menungganglah! Kalian mahir memanah lebih aku sukai daripada menunggang kuda. Segala sesuatu yang dimainkan seseorang adalah bathil, kecuali seseorang memanah dengan busurnya, melatih kudanya, dan bersenda gurau dengan isterinya. Sebab, semua itu merupakan kebenaran. Barangsiapa yang melupakan memanah setelah mempelajarinya, maka dia telah mengingkari ilmu yang diajarkan kepadanya.”
HR. Muslim (no. 1919) kitab al-‘Imaarah, an-Nasa-i (no. 3146) kitab al-Jihaad, Ahmad (no. 16849) dan lafazh ini baginya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s