Goes To Puncak Ciremai

Saya mencoba sedikit menceritakan pengalaman pertama saya mendaki gunung hingga ke puncaknya. Gunung Ciremai adalah gunung tertinggi di Jawa barat dengan ketinggian 3.078m dpl. Letaknya secara administratif termasuk dalam wilayah tiga kabupaten, yakni Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan, dan Kabupaten Majalengka.

Pada hari Sabtu, 22 Desember 2012, saya berencana pergi ke Ciremai bersama tiga kawan saya yaitu Hakam, Hijrie, dan Tanri. Kami bersepakat untuk berkumpul di rumah Hakam (daerah buah batu) pukul 14.00 supaya bisa mendapatkan bus yang langsung ke Kuningan dari Terminal Cicaheum (terakhir pukul 17.00). Tetapi karena teman ada yang datang terlambat dan hujan begitu deras, kami baru berangkat pukul 21.00. Kami tiba di Cicaheum pukul 21.30 kemudian makan malam dulu disana dan naik bus menuju Cirebon pukul 22.00. Tetapi berhubung bus nya menunggu hingga tempat duduk terisi cukup banyak, kami baru berangkat dari terminal pukul 23.00. Ongkos dari Cicaheum ke Cirebon sebesar Rp. 35.000,00. Kami tiba di Cirebon pada pukul 04.30, kemudian shalat subuh di terminal dan menyewa angkot hingga ke kaki gunung Ciremai di Linggajati (tempat perundingan Linggarjati itu lho, yg ada di sejarah😀 ). Harga sewa angkot berempat adalah 100ribu, sehingga masing-masing membayar 25rb. Kami tiba di pos pendaftaran sekitar pukul 06.15.

Disana kami sarapan dan buang air besar (biar di gunung gak usah lagi, haha). Kemudian membungkus makanan dari warung untuk makan siang. Perjalanan kami mulai pukul 07.30 setelah narsis2 dulu sebelum berangkat.

Perjalanan menuju pos 0 cukup berat, walaupun masih di jalan beraspal tapi benar-benar memeras keringat cukup banyak. Pendakian dimulai dari pos ini, dari ketinggian 500 mdpl. DI setiap pos ada keterangan posisi ketinggian kita (latitude) dalam satuan mdpl, dan jarak perjalanan menuju puncak (summit) dalam satuan km. Setelah kami hitung-hitung, kecepatan pendakian kami sekitar 1 km/jam (tapi di akhir-akhir semakin lambat). Target kami sebetulnya langsung ke puncak sebelum gelap, tetapi ternyata pada pukul 17.00 kami tiba pos terakhir (pengasinan) kami sudah merasa lelah dan memutuskan untuk memasang tenda di pos ini. Keesokan harinya, kami sarapan dan beres-beres karena kami berencana turun dengan jalur yang berbeda yaitu jalur palutungan, kemudian berangkat menuju puncak pada pukul 08.30. Perjalanan hanya membutuhkan waktu setengah jam dari pengasinan sehingga kami tiba pukul 09.00.

Karena kita ingin turun melalui jalur palutungan, dari puncak kami mengambil arah kiri dan memutari puncak sekitar setengah lingkaran. Di tengah perjalanan kami menemukan beberapa spot yang bisa dijadikan kemah bagi yang berencana berkemah di puncak.

Kami turun dari puncak palutungan sekitar pukul 10.30. Setelah melalui beberapa pos, kami hitung-hitung ternyata untuk turun kecepatan kami adalah 200mdpl/10 menit atau sekitar 1000mdpl perjam. Semuanya berjalan sesuai target hingga pos terakhir. Tapi tak disangka, ternyata dari pos pertama jalur palutungan hingga ke tempat selamat datang nya terasa jauh banget gara-gara harus pindah punggung gunung dulu (jalur yang aneh). jadi dari target semula yang 10menit malah jadi sekitar 45menit.

kami tiba di masjid terdekat untuk solat dzuhur dan ashar (dijama’) pukul 16.00. Kemudian karena bus dari Kuningan-Bandung paling akhir pada pukul 17.00 dan kami tidak sempat untuk mendapatkannya, akhirnya kami menyewa angkot untuk ke terminal cirebon yang berangkat pukul 19.00 seharga Rp.135.000,00 (Rp.35.000,00/person).
Kami tiba di terminal cirebon sekitar pukul 20.30, kemudian menunggu bus yang ke arah Bandung sambil makan nasi jamblang seharga rata-rata Rp.6.000,00 (ditraktir Tanri, haha). Kami baru dapat bus menuju Bandung (tanpa AC, Rp.30.000,00) sekitar pukul 21.30 dan tiba di Terminal Cicaheum Bandung sekitar pukul 02.00 hari Selasa 25 Desember 2012. Dari situ kami menginap dulu di rumah Hakam kemudian pulang ke rumah masing-masing.

Weekend yang sangat melelahkan, tetapi sangat seru.